Mengenal Lebih Jauh Domain, Hosting, dan Website.

 

Memasuki era digital, saat ini semua bidang layanan jasa, bisnis, cv, bahkan portofolio diri sudah tidak dibuat secara tradisional yang ditulis nyata tetapi melalui dunia maya lebih tepatnya website. Untuk membuat sebuah website, kita harus mengetahui pondasi-pondasi untuk membuatnya yaitu, domain dan hosting.

Domain

Istilah domain di Indonesia sering di juga disebut sebuah alamat. Karena domain ini adalah sebuah nama unik untuk mengidentifikasi IP Address server komputer seperti web server atau email server di internet.

Domain sendiri memiliki tingkatan tertentu yaitu :

1. Top Level Domain
Yaitu domain yang memiliki deretan kata dibelakang nama domain seperti .com, .net, .edu, .info, dll.
Ada dua macam Top level domain yaitu Global Top Level Domain dan Country Top Level Domain. Global Top Level Domain atau yang biasa disebut (gTLD) memiliki karakteristik yang umum, tidak ditambahi id negara. Sedangkan untuk Country Level Domain atau yang sering disebut (ccTLD) adalah jenis Domain memiliki id Negera di belakannya. Contohnya seperti .co.id, .net.my, .com , dll.

2. Second Level Domain
Second Level Domain atau SLD adalah nama domain yang didaftarkan. Contohnya, penulis mendaftarkan grahaweb.com maka graha merupakan SLD dan .com merupakan TLD

3. Third Level Domain
Third Level Domain adalah sebuah tambahan setelah SLD. Misalnya nama yang didaftarkan adalah grahaweb.com maka dapat ditambahkan info.grahaweb.com atau mail.grahaweb.com

 

Hosting

Hosting adalah sebuah ruang untuk menyimpan database, email, dan file web. Ada beberapa spesifikasi hosting yaitu :
1. Kapasitas
Kapasitas dalam sebuah hosting sangat penting. Karena kapasitas merupakan ruang penyimpanan untuk menaruh data pada hosting. Kapasitas yang biasa digunakan adalah Megabytes, Gigabytes, dan Terabytes.

2. Bandwidth
Bandwidth adalah besarnya kuota transfer data perbulan. Ukurannya adalah Megabytes/bulan, Gigabytes/bulan, dan Terabytes/bulan. Karena diukur perbulan maka bandwidth akan terreset kembali 0 setiap bulannya.

3. Jumlah Database
Jumlah database menentukan besarnya dan banyaknya database yang dapat dimasukkan ke dalam hosting. Database sediri merupakan basis data atau kumpulan data.

4. Add-On Domain
Add-on domain adalah domain lain yang dapat ditambahkan ke hosting.

 

Website

Website adalah sebuah halaman informasi yang tersedia di dalam internet yang dapat diakses secara global (seluruh dunia) selama pengguna terhubung dengan internet. Di halaman website dapat berisikan pengetahuan atau informasi informasi sesuai tema website tersebut. Yang dikemas dengan menggunakan teks, gambar, video, dan audio sehinggal dapat menarik pengunjung untuk melihat detail isi web tersebut.

Saat ini, website banyak digunakan untuk berbagai macam keperluan. Mulai dari bisnis kecil maupun menengah, sekolah, layanan jasa dan informasi, intansi, e-commers, dan bahkan portofio pribadi. Berdasarkan Content Management System (CMS) website terbagi menjadi :
1. Website Statis
Website statis merupakan sebuah website yang dibuat secara manual dengan kode-kode html.

2. Website Dinamis
Website dinamis merupakan sebuah website yang ditulis dengan bahasa pemrograman (PHP, ASP, Java, jQuery, dll). Saat ini, website dinamis menggunakan CMS sebagai back-end untuk administrator website tersebut.

3. Website Interaktif
Website interaktif merupakan websitd yang tidak hanya menampilkan informasi saja, melainkan juga mengajak berkomunikasi secara interaktif. Contohnya seperti blog dan forum.

Seperti yang kita tahu, bahwa website merupakan sebuah gudang informasi dan pengetahuan. Selain menjadi pusat informasi, website juga memiliki keginaan untuk :
1. Website Perorangan
Website perorangan bisa iuga disebuat sebuah website yang menampilkan keperluan pribadi sesorang. Contohnya seperti blog.

2. Website Komersial
Seperti namanya, webstie ini bertujuan sebagai media layanan produk dan jasa. Website komersial saat ini banyak digemari karena kebanyakan masyarakan inginnya yang serba instan dan dapat dilakukan secara online, termasuk berbelanja.

4. Website Pemerintahan
Website ini digunakan di bidang pemerintahan resmi. Seperti kementrian pertahanan, kementrian kominfo, dll.

5. Website Non-provit
Website ini merupakan website yang tidak mengambil provit. Seperti website sekolahan, intansi, LSM, universitas, dll.

Apakah anda tertarik untuk mencobanya? Silahkan pesan sekarang juga paket paket istimewa dari Grahaweb.co.id untuk keperluan webstie anda. Kami menawarkan berbagai macam paket sesuai kebutuhan anda di segala jenis bidang website.